Bude Ratna

Rekomendasi Buku Filsafat Ilmu Untuk Mahasiswa baru

Rekomendasi Buku Filsafat Ilmu -- Sedang pusing mencari buku filsafat ilmu sebagai bacaan diwaktu luang. Atau sedang mencari buku tentang filsafat untuk bahan pegangan belajar di jurusan baru yang tengah kamu pelajari. Tenang, hampir semua mahasiswa baru yang mengambil jurusan filsafat ada fase dimana sibuk mencari buku-buku untuk pendampingan belajar. 

Tenang, berikut ada beberapa rekomendasi buku filsafat ilmu yang bisa kamu baca. Nah, untuk memudahkan kamu memilih buku mana yang akan kamu beli, tidak ada salahnya untuk mengintip isi buku dan buku apa saja yang siap untuk kita bawa. Berikut beberapa rekomendasinya. 

Buku Filsafat Ilmu - Iman Jauhari 

Memang ada banyak sekali variasi buku filsafat ilmu. Salah satunya buku satu ini nih. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab. Ada yang membahas tentang pendekatan dan pengertian falsafat, nah di bab satu ini sangat cocok buat kamu seorang mahasiswa baru yang sedang menginjak dibangku kuliah semester awal. 

Bisa dikatakan buku terbitan Deepublish salah satu buku yang menarik untuk dibaca. Karena buku ini sengaja di desain untuk para mahasiswa filsafat semester awal. Jadi wajar jika tiap bab sengaja dikemas secara berurutan. jadi setelah mempelajari dasar-dasar ilmu filsafat, kamu pun akan diajak untuk mempelajari tentang sistem berpikir ilmiah dan mempelajari metode dari perkembangan ilmu. Masuk ke tingkat yang lebih dalam, kamu pun akan diajark membpelajari pentingnya mempelejari keutaman kajian filsafat ilmu untuk kehidupan sehari-hari. Buku setebal 158 halaman sebenarnya salah satu buku yang wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan filsafat, karena dari konteks isi sangat membantu proses belajar kamu selama kuliah. 

Buku Filsfat Ilmu - Agus Thoha 

Rekomendasi buku filsfat ilmu yang kedua bisa ada karya Agus Thoha. Buku ini merupakan buku ajar, jadi wajar jika buku ini bisa jadi menjadi buku wajib di kampus dari dosen kamu. Nah, buku ini tidak hanya mengulas tentang teori saja loh. Secara tidak langsung buku ini dapat dijadikan fondasi. 

Ada hal yang menarik kenapa penulis menuliskan buku ajar filsafat ilmu ini, diantarannya bentuk dari keprihatinan penulis terhadap ilmu filsafat itu dipraktekan di era sekarang. Dimana pemanfaatan atau aplikasi ilmu filsafat saat ini kurang diaktualisasikan dalam kehidupan kekinian seperti sekarang. Memang ilmu filsafat sebagai fondasi awal terbentuknya ilmu, termasuk pula bagaimana menyikap ilmu yang tiap tahunnya berubah secara dinamis. 

Adapun kelebihan dari buku filsafat ilmu satu ini nih, yaitu sebagai perpaduan antara filsafat ilmu dengan ilmu sosial. Dimana ilmu sosial kini salah satu ilmu yang paling menarik untuk dipelajari karena unik. Secara garis besar, bab yang akan dibedah dalam buku ini adalah mengkaji ilmu, filsafat ilmu, prosedur dan produk ilmu, ilmu sosial membentuk metodologi baru dan masih banyak lagi tentunya. 

buku setebal 158 halaman ini bisa kamu dapatkan secara online dengan mengunjungi di www.penerbitbukudeepublish.com buku yang baru terbit tahun 2020 ini bisa kamu dapatkan hanya dengan 110.000 saja. 

Filsafat ILmu Pemerintahan - Rira Nuradhawati 

Jika beberapa rekomendasi buku filsafat ilmu sebelumnya secara umum, nah pada buku karya Rira Nuradhawati ini cocok dan sangat direkomendasikan banget. Meskipun format buku ini sebagai buku referensi, buku ini lebih banyak menonjolkan teori dari filsafat ilmu itu sendiri. Membicarakan tentang teori, memang teori salah satu dasar atau landasan normatif yang bermanifestasi pemahaman terhadap fenomena dari berbagai macam kajian. Termasuk dalam ilmu pemerintahan. 

Dimana dalam ilmu pemerintahan ada banyak sekali unsur atau hal yang menyertainya, misalnya mempelajari tentang bagaimana menjadi eksekutif, elgislatif dan yudikatif. Dimana dari tiga hal itulah yang akan mengelola sebuah negara akan berjalan lancar atau sebaliknya. Meskipun buku ini adalah buku filsafat, ternyata dapat pula diterapkan dalam ilmu pemerintahan. Pentingnya ilmu filsafat ilmu di dunia pemerintahan, karena ilmu pemerintahan itu sendiri tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan ilmu lain selain filsafat. 

Kamu dapat mendapatkan buku setebal 129 halaman ini dengan murah, yaitu 91.500 saja. Kamu bisa dapatkan buku ini di marketplace atau bisa langsung ke Penerbitbukudeepublish.com

Buku filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Kontekstual - Muhtar Sarman 

Buat kamu yang sedang mencari buku ilmu filsafat secara fokus secara kontekstual, maka buku inilah yang wajib kamu baca. Jadi buku ini akan membahas tentang filsfat ilmu dalam koonteks politik dan pembangunan. Kontektulisasi ini sengaja penulis angkat untuk memudahkan dalam pembahasan dan mengulas dalam sebuah buku, agar tidak tercampur dengan fokus filsafat yang lain. 

Sebagai buku yang diperuntukan untuk mahasiswa pemula, tidak heran jika buku ini pun juga akan menceritakan sejarah terciptanya teori filsfat itu sendiri. Dibandingkan buku-buku sebelumnya, buku ini sengaja dikemas lebih sedikit, hanya empat puluh enam halaman saja. Bahasa yang digunakan pun lebih renyah dan pas buat mahasiswa deh. Kamu bisa dapatkan buku ini cukup dengan 96.000, kamu juga bisa dapatkan promo setiap bulan setiap pembelian di websitenya secara langsung di gudang buku deepublish.  

Filsafat Ilmu Pengantar Kesehatan Masyarakat - Hermien Nugraheni dan Hetty Ismainar 

Sebagai induknya ilmu, filsafat sebagai salah satu cabang ilmu yang memiliki banyak cabang ilmu. Salah satunya cabang kesehatan masyarakat. Buat kamu yang tertari tentang kesehatan masyarakat, buku setebal 182 halaman ini cocok buat dibaca. Di buku ini banyak ilmu pengetahuan yang akan kamu dapatkan. Diantarannya tentang konsep dasar filsafat ilmu, dan akan mengulas pula tentang issues in science and religion, the logic of scientific discovery. 

Sebagai buku pengantar, sayangnya buku ini tidak diulas sedalam menyeluruh. Karena fokus di dunia kesehatan, kamu pun akan mempelajari tentang perkembangan ilmu kedokteran khususnya bioetika yang bersifat sekuler, pluralistsik ataupun otonomi. semuanya akan dibahas di buku ini sesuai dengan prinsip etika yang lebih luas lagi. Tidak hanya itu saja ternyata, buku ini pun juga akan menonjolkan perspektif spiritualitas dan holisitik, akan mengulas pula jenis kecerdasan manusia yang meliputi kecerdasan emosional ataupun emosional menggunakan pendekatan pandangan tentang existensi manusia.


Buat kamu yang masih belum cocok dengan rekomendasi di atas, kamu bisa kunjungi toko buku pendidikan online. DI sana masih ada banyak sekali beberapa rekomendasi buku filsafat. Tidak hanya buku tentang filsafat ilmu saja, tetapi juga ada filsafat islam, filsafat pendidikan, pengantar filsafat, dasar filsafat dan masih banyak lagi beberapa cabang ilmu filsafat yang lain. Semuanya bisa dipilih di katalag yang tersedia. 

Karena keterbatasan ruang maka hanya ada lima rekomendasi buku filsafat ilmu. Meskipun hanya sekilas, semoga banyak membantu kamu dalam memilih buku apa saja yang bisa kamu beli terutama untuk cabang ilmu filsafat.

Bude Ratna
Load comments