Bude Ratna

Apa itu Polimer Termoset?, Pelajari di buku ini

Apa itu Polimer Termoset?, Pelajari di buku ini
Polimer Termoset – Barangkali ada yang masih merasa asing dengan istilah polimer thermoset? Secara sederhana poimer thermoset adalah plastik yang mengalami kenodisi tertentu tidak dapat didaur ulang atau dicetak kembali. Terutama untuk plastic yang didaur ulang untuk dijadikan sebagai produk baru.

polimer-termoset


Buku karya Dr. Nasmi Herlina sari, S.T., M.T. dan Suteja, S.T., M.T. yang berjudul polimer thermoset akan membahas tuntas tentang hal-hal penting tentang struktur untuk mengembangkan teknologi bahan polimer thermoset.

isi buku yang akan di bahas ada 12 bab. Tentu saja tidak sekedar membahas tentang polimer termoset saja. tetapi juga akan membahas tentang poliuretan, polyester, melami, epoksin, formaldehid, silicon, selulosa dan urea formaldehyde dan masih banyak hal yang akan di bahas di sini.

Dari poin-poin di atas, barangkali ada yang masih asing? Yap, sebagai kategori buku teknik mesin, istilah ini wajib dipahami. Sebagai buku referensi, buku ini akan mengupas apa saja sih jenis-jenisnya, kemudian sifat-sifat dri masing-masing topic yang akan dibahas.

Tidak berhenti disitu saja, penulis juga akan mengajak pembaca mempelajari lebih dalam tentang klasifikasi, pembuatan dan bagaimana mengolah data. Pokoknya di sini pembaca akan diajak berselancar mendalai wawasan tentang dunia polimer termoset secara lengkap.

Aplikasi dari teknik-teknik dan uraian terstruktur untuk pengembangan teknologi bahan polimer termoset ini mendukung pembelajaran dan pengembangan ide-ide untuk mengembangkankan ide sebagai dasar menciptakan metode dari pengembangan material baru. Seperti teknologi dan sifat-sifat dari polimer termoset yang u nik dan sesuai dengan lingkungan.

Membicarakan tentang proses pembuatan menjadi produk, polimer termoset yang tidak dapat didaur ulang untuk produk baru dapat dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya, dengan cetak tekan, injeksi, metode pengecoran, cetak transfer atau bisa juga dengan sprayer.

Jika masih belum tahu bentuk konkrit, polimer termoset adalah melamine formaldehyde, poly urethane, dan polyester dan urea formaldehyde. Nah, buat yang masih merasa asing dengan istilah ilmiah tersebut, semuanya akan di bahas dan ditemukan jawabannya setelah membaca buku ini.

Barangkali ada yang penasaran, apakah ada kelebihan dari polimer termoset ini? tentu saja ada. Beberapa kelebihan yang dapat dirasakan dan dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi. Misalnya dapat diaplikasikan untuk rasio kekuatan dan berat yang tinggi.

Dapat pula digunakan untuk beberapa hal seperti kekuatan dielektrik yang besar, ketahanan terhadap korosi dan penyerapan air yang baik serta pemrosesan yang lebih rendah. Atau bisa juga digunakan untuk konduktivitas termal yang rendah dan transparansi gelombang mikro.

Tahukah kamu, jika dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan plastic. Dimana plastic tidak dapat diuraikan dengan mudah. Sehingga banyak yang memanfaatkan plasti dengan metode polimer termoset ini.

Sayangnya, tidak semua plastic pula yang dapat di daur ulang kebali. Nah untuk membuat barang-barang plastic agar memiliki sifat-sifat yang dikehendaki, maka dalam proses pembuatannya selain bahan baku utama diperlukan juga bahan aditif.

Bahan aditif berfungsi sebagai bahan pelunak, bahan pelumas, bahan penstabil, pewarna, bahan pengisi, flame retardant, antistatic agent dan blowing agent. dimana dari bahan-bahan aditif ini juga akan diulas secara gamblang dan lengkap di buku karya Nasmi Herlina Sari dan Suteja.

Selain membahas tentang polimer termoset, di halaman 25 akan dikenalkan yang namannya poliurethan yang terdiri dari sebuah rantai unit yang terhubung dengan tautan uretana. Polimer poliuretana dibentuk oleh reaksi sebuah monomer yang mengandung setidaknya dua gugus fungsional isosianat dengna monomer yang mengandung gugus alcohol dengan katalis.

Poliuretana itu sendiri digunakan secara luas dalam dudukan busa fleksibel berdaya pegas tinggi, panel isolator busa yang kaku, roda dan ban karet yang tahan lama, segel busa mikroseluler dan gasket dan lebih banyak lagi peruntukannya.

Poliurethan memiliki banyak macam proses pembuatan, diantarannya reaksi tanpa pelarut, proses satu tahap, proses prepolimer dan reaksi menggunakan pelarut. Dimana dari pembahasan masing-masing dapat dipelajari di buku terbitan Deepublish.

Buku setebal 237 halaman juga akan mengupas tentang resin ephoksi, phenol formaldehyde, polyester, strayrene acrylonitrile, silicon, selulosa dan tentu saja masih banyak lagi. misalnya alkid yang akan fokus mengulas dasar dari teknologi alkid resin, sintesis dari minyak, proses resin alkyd, sifat dan aspek lingkungan.




Judul Buku : Polimer Termoset
Penulis : Dr. Nasmi Herlina Sari, S.T., M.T & Suteja, S.T., M.T.
Kategori : Buku Tekik
ISBN : 978-623-02-2305-1
Ukuran : 15.5 x 23 cm
Halaman : xxii, 252 hlm
Tahun : 2021

Buat kamu seorang mahasiswa yang sibuk mencari buku tentang polimer termoset, buku ini sangat di rekomendasikan. Selain karena pembahasannya yang lengkap, buku terbitan deepublish ini ditulis menggunakan bahasa yang enak untuk dibaca dan cara mendapatkannya pun mudah. Cukup dengan memesan, buku akan segera di antar.

Bude Ratna
Load comments