Bude Ratna

5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris

5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris

Kunci sukses jualan yang paling jitu adalan konsisten melakukan promosi. Membicarakan promosi, tidak selalu mengeluarkan uang untuk biaya promosi. Ada banyak pilihan promosi yang murah meriah. 

Selain promosi, kunci sukses jualan juga dibutuhkan ketekunan dan banyak aspek lainnya.

5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris

Cara Sukses Jualan

Nah, buat kamu nih yang ingin usaha jualan kamu lancar, kamu perlu mencatat beberapa poin di bawah ini.

1. Branding Produk 

Branding produk kunci sukses jualan. Coba perhatikan produk-produk brand yang dijual di pasaran. Mayoritas dari produk yang laris di pasaran karena mereka mampu membranding produk dengan apik. Setidaknya di sinilah tugas kita untuk mengobservasi cara branding yang elegan dan efektif itu bagaimana. 

Jika diperhatikan pula, setiap produknya memiliki cara dan  metode branding berbeda-beda. Begitupun dengan kamu. Apapun produk yang hendak kamu jual, kamu juga wajib membrading produk serapi dan semenarik mungkin. 

Memang sulit bagi kamu yang sedang membuat produk baru. Karena branding benar-benar dilakukan sejak awal. Belum lagi memperhitungkan produk yang akan di jual akan diminati dipasaran.

2. Promosi 

selain branding produk, kunci sukses jualan yang kedua adalah gencar melakukan promosi. Promosi sebenarnya sebagai upaya untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Promosi juga sebagai ajang untuk memamerkan kelebihan produk yang akan kamu jual. 

Era teknologi saat ini, promosi tidak harus berbayar. Bahkan cukup dengan memanfaatkan media social, semuanya bisa dijalankan dengan lancar. Jadi tidak seperti 15 tahun yang lalu, dimana untuk mempromosikan produk harus membayar jasa dengan jumlah yang mahal.

Terlepas dari segala kemudahan yang ditawarkan kecangihan teknologi, banyak pemula yang melakukan kesalahan yang tidak disadari. Seringkali saat menjalankan promosi, banyak bagi pemula yang bersemangat melakukan promosi di media social. Alih-alih promosi di media social menarik perhatian, justru membuat viewer menjadi risi dan tidak nyaman atas promosi yang kamu bagikan. 

Maka dari itu, perlu diperhatikan saat menjalankan promosi. Hindari promosi yang terlalu sering di media social. Mentang-mentang gratis, langsung intens promosi. Alih-alih intens promosi, justru akan dianggap sebagai spam bagi viewer di media social kita. Jadi, memang dibutuhkan keterampilan untuk melihat audience pengikut media social.

3. Tekun dan Ulet 

Dari dua kunci sukses jualan di atas tidak menjamin kamu bisa berhasil jika dilakukan secara bar-bar. Tetap dibutuhkan strategi dan trik. Tentu saja, strategi dan trik ini tidak boleh sembarangan dibagikan. Bahkan, perusahaan besar sekalipun tidak akan pernah membocorkan strategi yang mereka gunakan dalam menjangkau penjualan terbaik. 

Namannya juga berjualan, yang namannya mengalami kegagalan itu hal yang wajar. Penurunan jatuh dan tidak laku pun juga hal wajar. Tetapi kadang dagangan laris manis tanjung kimpul, itu juga hal wajar. Prinsipnya adalah tetap tekun dan ulet melakukan promosi. 

Tekun menjalankan promosi itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Bentuk promosi pun tidak selalu berbentuk iklan seperti halnya di televise atau siaran di radia. Tetapi ada banyak bentuk cara. Misalnya dengan memberikan edukasi tentang produk yang Anda jual dengan menarik. 

Ada pengalaman saya, hobi saya berkebun dan saya selalu membagikan ilmu dunia berkebun di channel youtube saja. Di channel saya hanya focus pada share ilmu semata, tidak ada tujuan untuk jualan. Tetapi dari sekian banyak konten yang saya share, ternyata banyak viewer yang menanyakan apakah saya menjual tanaman yang saya buat konten. 

Dari kasus saya tersebut, promosi tidak selalu menyuruh kita untuk membeli produk kita. Tetapi cukup kita berikan ilmu tentang produk kita. Ketika mereka tertarik dan berminat, mereka dengan sendirinya akan datang dan menanyakan. Dari pengalaman saya ini pun sebenarnya kita bisa mengubah trik marketing kita dengan cara yang lebih edukatif dan tidak memaksakan mereka. Biarlah mereka yang inisiatif membeli. 

4. Menjaga Kualitas Produk 

Di poin ini, kunci sukses jualan yang mungkin sering kamu dengar. Yap, betul sekali, penting sekali menjaga kualitas produk. Jika menemui produk yang sudah cacat, atau rusak, pastikan untuk tidak menjualnya. Bahkan cacat kecil sekalipun. Karena pelanggan itu sangat teliti terhadap produk yang dibelinya. 

Kecuali, kamu sudah menyampaikan produknya tinggal satu, dan itu agak lecet atau apalah. Namun si pelanggan tetap bersedia membelinya. Maka itu beda kasus. Prinsipnya adalah, menjaga rasa kepercayaan kepada pelanggan kita. Karena penting sekali menjaga kepercayaan bagi pelanggan.

Jika kamu memperhatikan, ada juga loh pelanggan yang rela membeli barang lebih mahal, karena memang kualita produknya terpercaya. Padahal, di tempat lain ada yang harganya lebih murah, tetapi ada tipe pelanggan yang percaya atas kualitas produk yang ditawarkan penjual. Dari contoh ini pun sebenarnya kita bisa bisa belajar bahwa kuncinya adalah membangun kepercayaan dan kenyamanan. 

5. Terapkan Pelayanan Prima 

Membicarakan kenyamanan, lebih akrab dengan ilmu pelayanan prima. Ilmu pelayanan prima inilah yang juga menjadi kunci sukses jualan. Jadi, kamu dituntut untuk bersikap ramah dan bersikap menyenangkan kepada pelanggan atau calon pelanggan. 

Pelanggan adalah raja yang harus dilayani dan diberlakukan baik. Banyak yang menganggap pelayanan prima itu tidak penting. Tetapi banyak pula pengusaha yang sukses dengan teori pelayanan prima. Tidak perlu jauh-jauh menerawang kisah sukses berjualan orang lain. Kita bisa berkaca pada diri sendiri ketika menjadi seorang pelanggan. 

Saat kita menjadi seorang pelanggan, apa yang kamu sukai saat membeli barang? Barangkali kamu merasa senang ketika kamu kamu bertanya, akan dilayani dengan baik, dan diberi edukasi. Kamu juga akan merasa senang dan nyaman ketika kita tidak dipaksa untuk membeli produk mereka. Sebaliknya, kamu akan merasa tidak nyaman ketika secara langsung atau tidak langsung kamu dipaksa untuk membeli. 

Setidaknya dari apa yang kita rasakan saat menjadi pelanggan inilah yang dapat dijadikan sebagai ukuran untuk memperlakukan calon pelanggan kita. Kunci dari pelayanan prima sebenarnya cukup memanusiakan pembeli. Sebagaimana halnya manusia yang baik, tentu saja memiliki sikap dan adab yang baik. 

Siapa sih yang suka diperlakukan tidak baik dan kasar? Tidak perlu kasar secara lisan. Lewat bahasa tubuh saja, kita tidak nyaman. Contoh sederhana, ketika kita membeli barang, dan penjualnya judes dan ketus (yah mungkin bisa karena itu karakternya), kita pasti akan merasa tidak nyaman dan tidak senang bukan?

Kesimpulan

Itu hanya baru lima kunci sukses jualan saja. Ada banyak poin penting lain yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Kamu pun bisa spoiler tips artikel tentang sukses jualan yang selanjutnya akn lebih banyak kami bahas di Blog www.thob.org ini. Kemudian kamu bisa mengkomparasikan untuk dipelajari dan diselami lebih dalam. Semoga dengan pembahasan ini memberikan manfaat. 

Pesan terakhir, jalankan usaha jualan kamu dengan konsisten, ulet dan tlaten. Jangan mudah menyerah hanya satu kerikil. Jangan berhenti karena tidak ada yang beli. Karena hanya butuh waktu agar produk jualan kamu bisa dikenali dan banyak pembeli.

Bude Ratna
Load comments