T H O B

Selasa, 21 Desember 2021

Tips Menjadi Reseller Sukses
Desember 21, 20210 Comments

Pernah gak sih mikir kok ada yang reseller menjadi sukses dan bermilyaran rupiah? Nah, yuk baca ini supaya bisa menjadi resller sukses dengan menjalankan Tips Menjadi Reseller Sukses.

Tips Menjadi Reseller Suskes

1. Melakukan Riset Produk Mendetail

Tips pertama yang bisa Anda dapatkan untuk menjadi  reseller adalah  riset pasar. Tentu saja, jenis penelitian ini sangat penting  untuk penentuan produk  yang akan dijual dengan lebih akurat. 

Tujuannya adalah agar produk yang dipilih dapat menargetkan pasar sasaran tertentu dengan lebih baik. Percayalah, semakin detail kajian sebelum memutuskan jenis produk,  semakin tepat produk yang bisa dipasarkan. Jadi Anda bisa mendapatkan keuntungan  tanpa khawatir tentang hal itu.

2. Memastikan Kualitas Produk Baik

Tugas Reseller hanya menjual produk, tetapi perlu diingat juga sangat penting untuk memastikan bahwa  produk tersebut dijual dan berkualitas tinggi. Pasalnya, reseller bernegosiasi langsung dengan pelanggan. Jika kualitas produk yang dijual rendah, itu adalah risiko yang  sama terhadap reputasi. 

Dengan menjaga kualitas produk yang dijual, konsumen yang dibidik  akan selalu bertahan. Karena sebagai reseller, Anda selalu memiliki kualitas terbaik, sehingga bisnis Anda bisa  berkembang.

3. Hitung Biaya Operasional

Selalu perhitungkan biaya operasional, seperti perolehan saham pada produk yang Anda jual. Hindari mengeluarkan biaya tambahan yang  tidak dapat ditutup di kemudian hari karena keterbatasan modal. 

Bahkan dengan pertumbuhan modal, menghitung biaya operasi mempermudah pengelolaan keuangan bisnis pengecer Anda yang sedang berjalan. Biar tahu lebih banyak tentang di mana dan untuk apa modal itu digunakan. Perhatikan juga bahwa menghitung biaya ini sangat penting untuk memungkinkan Anda lebih mudah  memetakan  nilai untung dan rugi dari pendapatan yang dihasilkan.

4. Strategi Marketing

Langkah keempat adalah setelah memperhitungkan biaya yang ada, mulai operasional, fixed cost dan juga biaya marketing. Tinggal, bagaimana menyusun strategi marketing yang ingin dilakukan. Tujuannya ya jelas, supaya lebih tau dan lebih cepat sukses. 

Hal yang harus dipersipakan dan harus tau adalah masalah STP. Apa itu STP?

a. Segmentation

Segmentasi adalah bagaimana kita bisa membagi-bagi sebuah pasar. 

b. Targeting

Bagaimana mementukan target pasar yang detail, bahkan sampai ke apa hobi dan kebiasannya.

c. Posisitioning

Ketiga adalah bagaimana cara membuat produk yang kamu tawarkan unik. Ingat, bahwa produk reseller pasti sama kan. Nah, gimana caranya biar produknya bisa lebih unik dari yang lain. Bisa banget dengan layanan yang baik.

Produk yang paling mudah untuk dijual ulang oleh reseller adalah buku. Sebab, masalahnya pendidikan setiap tahun pasti orang-orang baru yang menggunakan. Kalau ingin jadi reseller, bisa banget gabung jadi daftar menjadi reseller

Reading Time:

Selasa, 27 April 2021

Apa itu Polimer Termoset?, Pelajari di buku ini
April 27, 20210 Comments
Polimer Termoset – Barangkali ada yang masih merasa asing dengan istilah polimer thermoset? Secara sederhana poimer thermoset adalah plastik yang mengalami kenodisi tertentu tidak dapat didaur ulang atau dicetak kembali. Terutama untuk plastic yang didaur ulang untuk dijadikan sebagai produk baru.

polimer-termoset


Buku karya Dr. Nasmi Herlina sari, S.T., M.T. dan Suteja, S.T., M.T. yang berjudul polimer thermoset akan membahas tuntas tentang hal-hal penting tentang struktur untuk mengembangkan teknologi bahan polimer thermoset.

isi buku yang akan di bahas ada 12 bab. Tentu saja tidak sekedar membahas tentang polimer termoset saja. tetapi juga akan membahas tentang poliuretan, polyester, melami, epoksin, formaldehid, silicon, selulosa dan urea formaldehyde dan masih banyak hal yang akan di bahas di sini.

Dari poin-poin di atas, barangkali ada yang masih asing? Yap, sebagai kategori buku teknik mesin, istilah ini wajib dipahami. Sebagai buku referensi, buku ini akan mengupas apa saja sih jenis-jenisnya, kemudian sifat-sifat dri masing-masing topic yang akan dibahas.

Tidak berhenti disitu saja, penulis juga akan mengajak pembaca mempelajari lebih dalam tentang klasifikasi, pembuatan dan bagaimana mengolah data. Pokoknya di sini pembaca akan diajak berselancar mendalai wawasan tentang dunia polimer termoset secara lengkap.

Aplikasi dari teknik-teknik dan uraian terstruktur untuk pengembangan teknologi bahan polimer termoset ini mendukung pembelajaran dan pengembangan ide-ide untuk mengembangkankan ide sebagai dasar menciptakan metode dari pengembangan material baru. Seperti teknologi dan sifat-sifat dari polimer termoset yang u nik dan sesuai dengan lingkungan.

Membicarakan tentang proses pembuatan menjadi produk, polimer termoset yang tidak dapat didaur ulang untuk produk baru dapat dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya, dengan cetak tekan, injeksi, metode pengecoran, cetak transfer atau bisa juga dengan sprayer.

Jika masih belum tahu bentuk konkrit, polimer termoset adalah melamine formaldehyde, poly urethane, dan polyester dan urea formaldehyde. Nah, buat yang masih merasa asing dengan istilah ilmiah tersebut, semuanya akan di bahas dan ditemukan jawabannya setelah membaca buku ini.

Barangkali ada yang penasaran, apakah ada kelebihan dari polimer termoset ini? tentu saja ada. Beberapa kelebihan yang dapat dirasakan dan dapat diterapkan dalam berbagai aplikasi. Misalnya dapat diaplikasikan untuk rasio kekuatan dan berat yang tinggi.

Dapat pula digunakan untuk beberapa hal seperti kekuatan dielektrik yang besar, ketahanan terhadap korosi dan penyerapan air yang baik serta pemrosesan yang lebih rendah. Atau bisa juga digunakan untuk konduktivitas termal yang rendah dan transparansi gelombang mikro.

Tahukah kamu, jika dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan plastic. Dimana plastic tidak dapat diuraikan dengan mudah. Sehingga banyak yang memanfaatkan plasti dengan metode polimer termoset ini.

Sayangnya, tidak semua plastic pula yang dapat di daur ulang kebali. Nah untuk membuat barang-barang plastic agar memiliki sifat-sifat yang dikehendaki, maka dalam proses pembuatannya selain bahan baku utama diperlukan juga bahan aditif.

Bahan aditif berfungsi sebagai bahan pelunak, bahan pelumas, bahan penstabil, pewarna, bahan pengisi, flame retardant, antistatic agent dan blowing agent. dimana dari bahan-bahan aditif ini juga akan diulas secara gamblang dan lengkap di buku karya Nasmi Herlina Sari dan Suteja.

Selain membahas tentang polimer termoset, di halaman 25 akan dikenalkan yang namannya poliurethan yang terdiri dari sebuah rantai unit yang terhubung dengan tautan uretana. Polimer poliuretana dibentuk oleh reaksi sebuah monomer yang mengandung setidaknya dua gugus fungsional isosianat dengna monomer yang mengandung gugus alcohol dengan katalis.

Poliuretana itu sendiri digunakan secara luas dalam dudukan busa fleksibel berdaya pegas tinggi, panel isolator busa yang kaku, roda dan ban karet yang tahan lama, segel busa mikroseluler dan gasket dan lebih banyak lagi peruntukannya.

Poliurethan memiliki banyak macam proses pembuatan, diantarannya reaksi tanpa pelarut, proses satu tahap, proses prepolimer dan reaksi menggunakan pelarut. Dimana dari pembahasan masing-masing dapat dipelajari di buku terbitan Deepublish.

Buku setebal 237 halaman juga akan mengupas tentang resin ephoksi, phenol formaldehyde, polyester, strayrene acrylonitrile, silicon, selulosa dan tentu saja masih banyak lagi. misalnya alkid yang akan fokus mengulas dasar dari teknologi alkid resin, sintesis dari minyak, proses resin alkyd, sifat dan aspek lingkungan.




Judul Buku : Polimer Termoset
Penulis : Dr. Nasmi Herlina Sari, S.T., M.T & Suteja, S.T., M.T.
Kategori : Buku Tekik
ISBN : 978-623-02-2305-1
Ukuran : 15.5 x 23 cm
Halaman : xxii, 252 hlm
Tahun : 2021

Buat kamu seorang mahasiswa yang sibuk mencari buku tentang polimer termoset, buku ini sangat di rekomendasikan. Selain karena pembahasannya yang lengkap, buku terbitan deepublish ini ditulis menggunakan bahasa yang enak untuk dibaca dan cara mendapatkannya pun mudah. Cukup dengan memesan, buku akan segera di antar.

Reading Time:

Senin, 19 April 2021

5 Usaha Mahasiswa Cari Duit Sendiri di Rumah Kos, No 2 Paling Untung!
April 19, 20210 Comments

4 Usaha Mahasiswa Cari Duit Sendiri di Rumah Kos, No 2 Paling Untung! -- Tau nggak? Ada seorang mahasiswa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, sebut saja namanya Mawar. Ia sedang dilanda kebingungan akhir-akhir ini. Beberapa waktu lalu ia memutuskan untuk membuka usaha. Ia ingin membantu pemasukan keuangan keluarga dan menambah uang jajannya. Namun ia belum tahu harus menjalankan usaha apa.

Selama ini memang tak jarang mahasiswa membuka usaha kecil-kecilan di sela rutinitas perkuliahan. Selain belajar mandiri, mereka juga bisa mengasah keterampilan dan kreativitas. Nah, empat usaha anak kuliahan di bawah ini mungkin bisa dilakukan Mawar. Kalian pun bisa mencobanya bila tertarik membuka usaha. Usaha-usaha ini tergolong gampang lho karena bisa dilakukan di rumah.

Peluang Usaha Mahasiswa Cari Duit Sendiri

usaha-mahasiswa-cari-duit


1. Jualan Makanan

Jualan Makanan

Jenis usaha ini cukup lumrah di kalangan mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa tinggal di perantauan. Urusan makan, biasanya mereka membeli karena lebih mudah dan cepat ketimbang memasak sendiri. Kondisi ini bisa menjadi celah kalian untuk mengembangkan ide usaha. Peluang kesuksesan kalian dalam usaha jualan makanan lebih besar dibandingkan usaha lain. Namun saking banyaknya penjual makanan, kalian juga perlu memikirkan dengan matang ide menarik dan berbeda dari yang lain.

Saat ini adalah era digital. Banyak usaha yang memanfaatkan internet dalam mengembangkan dan memasarkan produk atau jasanya. Termasuk usaha jualan makanan ini. Kalian bisa membuka usaha jualan makan secara daring (online). Jenis makanan yang dijual pun beragam mulai dari makanan berat seperti nasi hingga makanan ringan.

Sebagai contoh nih, ada seorang mahasiswa di kota Yogyakarta. Melihat teman-teman sesama mahasiswa sering mengerjakan tugas kuliah hingga tengah malam sembari makan cemilan pedas untuk mengusir kantuk, ia pun memikirkan cemilan-cemilan apa saja yang disukai oleh mahasiswa. Setelah itu ia mulai menghubungi tempat produksi cemilan tersebut dan menjualkannya. Targetnya adalah mahasiswa dan dipromosikan melalui media sosial. 

Keuntungan jualan makanan secara daring adalah menjangkau calon pembeli hingga ke luar kota. Artinya makin banyak yang mengetahui usaha kalian. Selain itu, berjualan secara daring sangat sesuai dengan kehidupan mahasiswa. Kalian tidak perlu menjaga dan menjual barang dagangan di tempat atau toko tertentu. Kalian bisa menjalankan bisnis sampingan ini di tengah-tengah kesibukan kuliah seperti belajar di kelas, kerja kelompok, hingga ikut organisasi. Kalian juga bisa menjalankan usaha ini di rumah atau kos.

Nah, coba pikirkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan orang-orang sekitar. Mulai pahami apa yang mereka butuhkan. Kemudian kalian bisa mempertimbangkan beberapa ide usaha yang sekiranya cukup menguntungkan.

2. Jualan Buku

Jualan-Buku


Usaha anak kuliahan satu ini pastinya sering kalian dengar. Apalagi kehidupan manusia dekat sekali dengan benda ini. Dalam kegiatan perkuliahan, buku menjadi salah satu sumber wajib untuk mahasiswa. Umumnya dalam setiap mata kuliah terdapat minimal satu buku yang harus dibaca.

Bisa dikatakan, usaha jenis ini modalnya tidak terlalu besar dan dapat dilakukan dari rumah. Usaha jualan buku ini tumbuh subur di sekitar kawasan perguruan tinggi. Kota-kota dengan julukan Kota Pendidikan lekat dengan kegiatan literasi karena penerbit buku, toko buku, hingga para pecinta buku mudah dijumpai. 

Bila tertarik usaha jualan buku, kalian bisa menjual buku-buku original, bekas, atau keduanya. Kalian perlu memikirkan kategori buku apa yang dijual. Apakah buku pendidikan tinggi, buku anak, buku sastra, buku sekolah, dan sebagainya? Cara ini bisa membantu kalian dalam menentukan target pembeli dan strategi yang tepat untuk memasarkannya.

Saat ini cukup banyak penerbit yang menawarkan sistem reseller. Apa itu reseller? Jadi reseller atau pengecer adalah seseorang, sekelompok orang, atau perusahaan yang menjual ulang barang dari supplier. Sistem ini cocok untuk mahasiswa yang berjualan buku. Kalian bisa menghubungi penerbit buku dan mendaftarkan diri sebagai reseller. Rekomendasi kami saat ini adalah Reseller Buku Deeepublish. Saat ini sistem reseller banyak diminati karena sangat menguntungkan terkhusus untuk kamu mahasiswa.

3. Menjadi Jasa Penerjemah

Menjadi Jasa Penerjemah

Apakah kalian punya kemampuan dalam berbahasa asing? Dengan bermodal kemampuan tersebut, kalian bisa mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan selama menempuh kuliah di perantauan.

Jasa penerjemah ini cukup dicari oleh perusahaan start up, agensi periklanan, penerbit buku, dan jenis perusahaan lainnya. Biasanya jasa penerjemah yang dibutuhkan adalah penerjemah Bahasa Indonesia-Inggris atau Inggris-Bahasa Indonesia. Ada pula penerjemah bahasa asing lain seperti bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Jerman, dan lain-lain.

Usaha ini cukup mudah karena mahasiswa bisa melakukannya dari rumah dan di tengah kegiatan sehari-hari. Sejauh ini mahasiswa dari fakultas Ilmu Budaya paling sering membuka jasa penerjemahan ini karena mereka memang mempelajari bahasa dan sastra tertentu.

Sebenarnya jasa ini juga dicari oleh sesama mahasiswa sebab tak sedikit buku atau jurnal yang mereka baca berbahasa Inggris. Penerjemahan buku atau jurnal tersebut memudahkan mereka untuk memahami materi kuliah. Sehingga usaha ini cukup menjanjikan bila dijalankan.

Baca juga : 5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris

4. Penulis Lepas (Freelancer)

Penulis-Lepas


Yup! Menjadi penulis lepas alias freelancer adalah pilihan alternatif yang menguntungkan zaman sekarang. Jenis usaha ini beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat. Bahkan karyawan dengan pekerjaan tetap terkadang masih mengambil pekerjaan sebagai freelancer. Peluang usaha diiringi dengan munculnya media-media rintisan yang membuka tawaran kontributor atau penulis lepas untuk memperbanyak konten di situsnya. 

Penulis lepas adalah seseorang atau sekelompok orang yang menulis untuk klien dengan kontrak tertentu. Ketika menjadi penulis lepas, kalian bebas untuk memilih pekerjaan yang sesuai, bekerja untuk siapa, dan berapa jumlah klien yang diterima. Semua itu tergantung kemampuan kalian.

Usaha ini paling diincar oleh anak kuliahan. Kalian bisa mengisi waktu luang dengan lebih produktif dengan menulis. Selain mengasah kemampuan menulis, kalian dapat mendatangkan cuan. Bagaimana? Bukankah ini menarik?

5. Perancang Grafis (Graphic Desainer)

Perancang Grafis

Terakhir nih. Selain menjadi penulis lepas, menjadi perancang grafis adalah usaha yang sering dijalani mahasiswa. Kebutuhan desain grafis memang cukup tinggi. Mengingat era sekarang menuntut tampilan visual nan ciamik untuk setiap produk atau jasa. Setiap perusahaan hingga lemabga pemerintahan perlu untuk memasarkan produk/jasa atau pun menyosialisasikan ide dan kebijakan pada khalayak umum dengan tampilan yang menyenangkan.

Perusahaan yang sering membutuhkan jasa ini adalah perusahaan media cetak atau elektronik, penerbit buku, dan sebagainya. Seiring perusahaan start up yang kian banyak, kebutuhan desain grafis juga pun meningkat. Perusahaan semacam ini beberapa kali membuka lowongan untuk pekerja penuh dan lepas.

Untuk itu, perancang grafis sering diburu. Saat ini kemampuan desain hampir dimiliki oleh mahasiswa, baik yang mahir maupun amatir. Belum lagi banyak situs yang menyediakan template dan aplikasi untuk mendesain. Sehingga setiap orang bisa belajar membuat desain dan menyalurkan kreativitasnya.

Nah, kalian yang punya kemampuan desain bisa membuka usaha ini. Sebagai mahasiswa, kalian bisa mendapatkan penghasilan sendiri sekaligus menambah karya di portofolio. 

Penutup

Demikian ulasan kita mengenai 4 Usaha Mahasiswa Cari Duit Sendiri di Rumah Kos, No 2 Paling Untung!. Dari sekian usaha anak kuliahan di atas, apa yang ingin kalian coba?

Sumber gambar: Pixabay

Salam hangat dari Thob.org untuk mahasiswa. Semangat..!!

Reading Time:

Selasa, 13 April 2021

5 Rekomendasi Buku Panduan Penelitian Semua Jurusan
April 13, 20210 Comments

 Sedang bingung mencari buku panduan penelitian? Tetapi bingung tidak tahu buku yang pas dan cocok sesuai bidang studi yang kamu ambil? Tentang, hari gini tidak ada yang perlu kamu khawatirkan. Karena teknologi semakin memudahkan dan menjawab semua kegelisahan kamu. 

Rekomendasi Buku Panduan Penelitian Mahasiswa

Teruntuk kamu yang sedang mengerjakan sebuah penelitian pertama kali. Pastinya bingung bagaimana sih caranya? Lalu apa saja yang ditulis? Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa buku panduan penelitian buat kamu agar tidak merasa kelu karena tidak tahu. Apa saja, langsung saja simak ulasan berikut. 

Buku Panduan Penelitian – Penelitian Eksperimen Beserta ANalisis Statistik dengan SPSS



Namannya juga mahasiswa, sudah hal biasa melakukan penelitian. Hanya saja setiap mahasiswa memiliki fokus penelitian yang beragam. Umumnya tergantung dari jurusan yang diambil. Jika mengambil jurusan psikologi, maka penelitiannya pun juga berbeda. Meskipun berbeda-beda fokus penelitiannya, umumnya di dalam penelitian eksperimen ada yang nama nya analisis statistik menggunakan SPSS bukan? 

Nah, buat kamu yang kebetulan mengambil penelitian eksperimen menggunakan SPSS, maka buku jebolan Deepublish yang berjudul penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS inilah jawaban. I Putu Ade Andre Payadnya dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika akan memberikan contoh bagaimana melakukan penelitian eksperimen yang baik, mudah dan tentu saja simpel. 

Jadi, buku panduan penelitian satu ini juga akan menuntun kamu bagaimana dan apa saja yang perlu disiapkan ketika melakukan penelitian ekseperimen. Di jamin, apapun bentuknya, kamu akan bisa menyelesaikan penelitian yang mungkin saja selama ini kamu anggap sulit. Tidak hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan secara lengkap tentang penelitian eksperimen dan diharapkan memudahkan kamu melakukan penelitian eksperimen lainnya. 

Buku Panduan Penelitian – Buku Penelitian Tindakan Kelas : Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling

Ternyata yang melakukan penelitian tidak hanya mahasiswa saja. Seorang dosen dan guru pun juga dituntut bisa menjalankan penelitian. Tentu saja setiap jenjang guru memiliki bentuk penelitian yang berbeda-beda. Misalnya untuk guru kelas dan guru bimbingan konseling, bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. 

Terkait dengan buku panduan penelitian tindakan kelas yang bisa kamu baca adalah buku ini. Diplan dan Andi Setiawan memaparkan buku ini ke dalam beberapa bab. Diantarannya berisi tentang model-model penelitian tindakan kelas. Nah, bagi yang belum paham dan tidak tahu bagaimana penelitian tindakan kelas juga akan dibahas di bukunya. Kamu juga akan diantarkan pada bagaimana prosedur penelitian tindakan kelas yang baik dan benar. Termasuk akan dijelaskan pula bagiamana rancangan laporan penelitian tindakan kelas. Buku terbitan Deepublish ini dijamin, membantu banyak penelitian tindakan kalas kamu. 

Buku Panduan Penelitian – Alat Ukur Kecerdasan Kinestetik Dalam Tari

Kamu salah satu mahasiswa yang mengambil jurusan di seni tari? Nah, buku panduan penelitian yang mengambil tema kinesteti dalam tari, buku karya Dinny Devi Triana ini buku yang ciamik. Nah, buku ini akan dijelaskan bagiamana sih mengukur kecerdasan kinestatik tari. Padahal selama ini masyarakat umum melihat sebuah tarian ya hanya tarian. Tidak sampai berfiikiran mengukur kecerdasan kinestatiknya itu sendiri. 

Ternyata dalam mengukur kecerdasan kinestetik tari melibatkan yang namannya skill menata tarik, yang secara awam disebut dengan koreografer. buku panduan penelitian terbitan deepublish ini akan membantu kamu dalam melihat kemampuan dan bakat yang dimiliki para penari. Tentu saja ini buku bacaan yang menarik bagi mahasiswa yang mengambil seni tari. Di dalamnya juga dijelaskan dan dipaparkan alat bantu dalam merefleksi skill dan cara melakukan pengukuran. Termasuk pula juga akan dijelaskan bagaimana pedoman penskoran melalui rubrik yang akan divalidasi. Kamu pun bisa dapatkan buku ini dengan harga yang ramah kantong. 

Buku Panduan Penelitian – Buku Metode Penelitian Sosial

Buat kamu mahasiswa yang fokus penelitian akan mengambil ilmu sosial, maka buku panduan penelitian inilah yang bisa kamu baca. Di sana kamu tidak hanya belajar panduan penelitian saja, tetapi juga akan mempelajari dinamika sosial itu sendiri. Rira Nuradhawati juga akan membukakan perspektif tentang dunia penelitian. Jika melakukan penelitian itu ada tujuannya, yaitu untuk mencari kebenaran dan menemukan solusi atas permasalahan yang sedang dialami. Namannya juga penelitian, tentu saja melakukan penelitian yang sifatnya menjadi masalah. Bukan yang tidak ada masalah dicari-cari masalah. 

buku panduan penelitian terbitan Deepublish ini juga akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan penyelidikan yang baik dan benar. Agar kamu tidak merasa binggung. Maka diperlukan yang namannya landasan normatif dan dibutuhkan prosedur sistematis, yang nanti juga akan di bahas di balam buku. Buku ini pun juga akan membahas tentang pembahasan bagaimana pendekatan penelitian yang tepat sasaran yang efektif dan efisien.

Buku Panduan Penelitian – Panduan Model Inquiry Learning 

buku berjudul Mode inquiry learning ini Buku Panduan Penelitian yang cocok dibaca sama kamu yang fokus pada jurusan PGSD atau jurusan pendidikan keguruan. Karena Buku Panduan Penelitian ini akan fokus pada pembelajaran di kelas. Ada beberapa bab yang akan di bahas di buku ini, diantarannya akan rangkaian kegiatan belajar agar peserta didik yang diajar mampu menjadi pribadi yang aktif, memiliki inisiatif besar, dan mampu menemukan sesuatu hal yang baru dan menarik dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada dasarnya, istilah model inquiry learning adalah kegiatan belajar yang melibatkan seluruh peserta didik demi bisa menemukan dan mengetahui kemampuan siswa.Jadi dalam penelitian ini sebenarnya dibutuhkan metode dan cara sistematis, analitis, kritis, logis dan mampu merumuskan  sendiri penemuan yang diteliti. Sebenarnya ada banyak poin yang akan di bahas di buku. Biar penasaran, sengaja tidak disebutkan apa saja pembahasan di dalamnya.

Itulah lima buku panduan penelitian dari berbagai disiplin ilmu. Siapa tahu dari rekomendasi di atas ada yang pas dan sesuai dengan permasalahan penelitian yang sedang kamu angkat. Pertanyaannya adalah, apakah setiap cabang atau jurusan memliki panduan penelitian selalu berbeda-beda? Atau ada panduan yang sama? 

Jawabannya ada yang sama dan ada yang berbeda. Secara intinya sama. Semua penelitian ada beberapa hal yang harus dilewati, yaitu mengidentifikasi area yang bermasalah, mendefinisikan tujuan penelitian, mengembangakan hipotesis, menetapkan metode pengukuran variabel, mengumpulkan data, menganalisis data dan menginterpretasi data. 

Sebenarnya buku panduan penelitian secara garis besar juga menuntut peneliti untuk menentukan masalah yang akan diteliti, perlu melakukan membuat rumusan masalah dan studi pustaka. Termasuk pula menetapkan tujuan dan kegunaan penelitian yang kamu lakukan. Biasannya masing-masing buku panduan penelitian pun akan dijelaskan secara mendalam dari beberapa poin yang saya sebutkan tersebut. 

Semoga dengan ulasan buku panduan penelitian ini bermanfaat. Semoga penelitian yang kamu jalankan segera kelar dan mendapat hasil yang memuaskan.

Reading Time:

Senin, 05 April 2021

Rekomendasi Buku Filsafat Ilmu Untuk Mahasiswa baru
April 05, 20210 Comments

Rekomendasi Buku Filsafat Ilmu -- Sedang pusing mencari buku filsafat ilmu sebagai bacaan diwaktu luang. Atau sedang mencari buku tentang filsafat untuk bahan pegangan belajar di jurusan baru yang tengah kamu pelajari. Tenang, hampir semua mahasiswa baru yang mengambil jurusan filsafat ada fase dimana sibuk mencari buku-buku untuk pendampingan belajar. 

Tenang, berikut ada beberapa rekomendasi buku filsafat ilmu yang bisa kamu baca. Nah, untuk memudahkan kamu memilih buku mana yang akan kamu beli, tidak ada salahnya untuk mengintip isi buku dan buku apa saja yang siap untuk kita bawa. Berikut beberapa rekomendasinya. 

Buku Filsafat Ilmu - Iman Jauhari 

Memang ada banyak sekali variasi buku filsafat ilmu. Salah satunya buku satu ini nih. Buku ini dibagi menjadi beberapa bab. Ada yang membahas tentang pendekatan dan pengertian falsafat, nah di bab satu ini sangat cocok buat kamu seorang mahasiswa baru yang sedang menginjak dibangku kuliah semester awal. 

Bisa dikatakan buku terbitan Deepublish salah satu buku yang menarik untuk dibaca. Karena buku ini sengaja di desain untuk para mahasiswa filsafat semester awal. Jadi wajar jika tiap bab sengaja dikemas secara berurutan. jadi setelah mempelajari dasar-dasar ilmu filsafat, kamu pun akan diajak untuk mempelajari tentang sistem berpikir ilmiah dan mempelajari metode dari perkembangan ilmu. Masuk ke tingkat yang lebih dalam, kamu pun akan diajark membpelajari pentingnya mempelejari keutaman kajian filsafat ilmu untuk kehidupan sehari-hari. Buku setebal 158 halaman sebenarnya salah satu buku yang wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan filsafat, karena dari konteks isi sangat membantu proses belajar kamu selama kuliah. 

Buku Filsfat Ilmu - Agus Thoha 

Rekomendasi buku filsfat ilmu yang kedua bisa ada karya Agus Thoha. Buku ini merupakan buku ajar, jadi wajar jika buku ini bisa jadi menjadi buku wajib di kampus dari dosen kamu. Nah, buku ini tidak hanya mengulas tentang teori saja loh. Secara tidak langsung buku ini dapat dijadikan fondasi. 

Ada hal yang menarik kenapa penulis menuliskan buku ajar filsafat ilmu ini, diantarannya bentuk dari keprihatinan penulis terhadap ilmu filsafat itu dipraktekan di era sekarang. Dimana pemanfaatan atau aplikasi ilmu filsafat saat ini kurang diaktualisasikan dalam kehidupan kekinian seperti sekarang. Memang ilmu filsafat sebagai fondasi awal terbentuknya ilmu, termasuk pula bagaimana menyikap ilmu yang tiap tahunnya berubah secara dinamis. 

Adapun kelebihan dari buku filsafat ilmu satu ini nih, yaitu sebagai perpaduan antara filsafat ilmu dengan ilmu sosial. Dimana ilmu sosial kini salah satu ilmu yang paling menarik untuk dipelajari karena unik. Secara garis besar, bab yang akan dibedah dalam buku ini adalah mengkaji ilmu, filsafat ilmu, prosedur dan produk ilmu, ilmu sosial membentuk metodologi baru dan masih banyak lagi tentunya. 

buku setebal 158 halaman ini bisa kamu dapatkan secara online dengan mengunjungi di www.penerbitbukudeepublish.com buku yang baru terbit tahun 2020 ini bisa kamu dapatkan hanya dengan 110.000 saja. 

Filsafat ILmu Pemerintahan - Rira Nuradhawati 

Jika beberapa rekomendasi buku filsafat ilmu sebelumnya secara umum, nah pada buku karya Rira Nuradhawati ini cocok dan sangat direkomendasikan banget. Meskipun format buku ini sebagai buku referensi, buku ini lebih banyak menonjolkan teori dari filsafat ilmu itu sendiri. Membicarakan tentang teori, memang teori salah satu dasar atau landasan normatif yang bermanifestasi pemahaman terhadap fenomena dari berbagai macam kajian. Termasuk dalam ilmu pemerintahan. 

Dimana dalam ilmu pemerintahan ada banyak sekali unsur atau hal yang menyertainya, misalnya mempelajari tentang bagaimana menjadi eksekutif, elgislatif dan yudikatif. Dimana dari tiga hal itulah yang akan mengelola sebuah negara akan berjalan lancar atau sebaliknya. Meskipun buku ini adalah buku filsafat, ternyata dapat pula diterapkan dalam ilmu pemerintahan. Pentingnya ilmu filsafat ilmu di dunia pemerintahan, karena ilmu pemerintahan itu sendiri tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan ilmu lain selain filsafat. 

Kamu dapat mendapatkan buku setebal 129 halaman ini dengan murah, yaitu 91.500 saja. Kamu bisa dapatkan buku ini di marketplace atau bisa langsung ke Penerbitbukudeepublish.com

Buku filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Kontekstual - Muhtar Sarman 

Buat kamu yang sedang mencari buku ilmu filsafat secara fokus secara kontekstual, maka buku inilah yang wajib kamu baca. Jadi buku ini akan membahas tentang filsfat ilmu dalam koonteks politik dan pembangunan. Kontektulisasi ini sengaja penulis angkat untuk memudahkan dalam pembahasan dan mengulas dalam sebuah buku, agar tidak tercampur dengan fokus filsafat yang lain. 

Sebagai buku yang diperuntukan untuk mahasiswa pemula, tidak heran jika buku ini pun juga akan menceritakan sejarah terciptanya teori filsfat itu sendiri. Dibandingkan buku-buku sebelumnya, buku ini sengaja dikemas lebih sedikit, hanya empat puluh enam halaman saja. Bahasa yang digunakan pun lebih renyah dan pas buat mahasiswa deh. Kamu bisa dapatkan buku ini cukup dengan 96.000, kamu juga bisa dapatkan promo setiap bulan setiap pembelian di websitenya secara langsung di gudang buku deepublish.  

Filsafat Ilmu Pengantar Kesehatan Masyarakat - Hermien Nugraheni dan Hetty Ismainar 

Sebagai induknya ilmu, filsafat sebagai salah satu cabang ilmu yang memiliki banyak cabang ilmu. Salah satunya cabang kesehatan masyarakat. Buat kamu yang tertari tentang kesehatan masyarakat, buku setebal 182 halaman ini cocok buat dibaca. Di buku ini banyak ilmu pengetahuan yang akan kamu dapatkan. Diantarannya tentang konsep dasar filsafat ilmu, dan akan mengulas pula tentang issues in science and religion, the logic of scientific discovery. 

Sebagai buku pengantar, sayangnya buku ini tidak diulas sedalam menyeluruh. Karena fokus di dunia kesehatan, kamu pun akan mempelajari tentang perkembangan ilmu kedokteran khususnya bioetika yang bersifat sekuler, pluralistsik ataupun otonomi. semuanya akan dibahas di buku ini sesuai dengan prinsip etika yang lebih luas lagi. Tidak hanya itu saja ternyata, buku ini pun juga akan menonjolkan perspektif spiritualitas dan holisitik, akan mengulas pula jenis kecerdasan manusia yang meliputi kecerdasan emosional ataupun emosional menggunakan pendekatan pandangan tentang existensi manusia.


Buat kamu yang masih belum cocok dengan rekomendasi di atas, kamu bisa kunjungi toko buku pendidikan online. DI sana masih ada banyak sekali beberapa rekomendasi buku filsafat. Tidak hanya buku tentang filsafat ilmu saja, tetapi juga ada filsafat islam, filsafat pendidikan, pengantar filsafat, dasar filsafat dan masih banyak lagi beberapa cabang ilmu filsafat yang lain. Semuanya bisa dipilih di katalag yang tersedia. 

Karena keterbatasan ruang maka hanya ada lima rekomendasi buku filsafat ilmu. Meskipun hanya sekilas, semoga banyak membantu kamu dalam memilih buku apa saja yang bisa kamu beli terutama untuk cabang ilmu filsafat.

Reading Time:

Rabu, 31 Maret 2021

Langkah-langkah Membuat Judul Skripsi Hubungan Internasional
Maret 31, 20210 Comments

 Menulis skripsi adalah gerbang terakhir menuju kelulusan. Mahasiswa tidak bisa menjadi alumni bila tidak merampungkan skripsi. Tugas akhir inilah yang menentukan mahasiswa lulus atau tidak.

Mengerjakan skripsi membutuhkan usaha. Mahasiswa harus mengerahkan pikiran, waktu, tenaga, hingga tak jarang biaya untuk mengerjakan skripsi. Nah, membuat judul skripsi adalah langkah awal mengerjakan skripsi. Menentukan judul skripsi harus dipikirkan dengan matang dan berdasarkan argumen jelas.

Kamu mahasiswa Hubungan Internasional (HI)? Tidak perlu pusing lagi nih. Berikut ini adalah ulasan mengenai langkah membuat judul skripsi Hubungan Internasional.  Selain itu terdapat daftar contoh judul skripsi Hubungan Internasional yang dapat menjadi gambaran seperti apa sih judul skripsi anak-anak HI selama ini.


Langkah-langkah Membuat Judul Skripsi HI

Membuat judul skripsi HI itu gampang tapi bisa juga susah. Menentukan topik yang menarik untuk diteliti menjadi masalah besar sebagian mahasiswa. Mereka tidak mengetahui akan meneliti apa. Akibatnya, pengerjaan skripsi berjalan di tempat. Malahan judulnya saja belum ada.

Agar tidak terperangkap dalam masalah tersebut, perhatikan langkah membuat judul skripsi HI ini.

  1. Tentukan topik skripsi

Terpenting adalah tentukan terlebih dahulu topik skripsi apa yang diambil. Setelah menentukan topik, kamu akan lebih mudah membuat judul. Topik HI sangat beragam. Kamu harus memilih satu topik menarik.

Poin yang selalu ditekankan kepada mahasiswa adalah skripsi HI harus menunjukkan adanya hubungan entitas internasional. Hal inilah yang membedakan skripsi HI dengan skripsi jurusan lainnya. Sebagai contoh, topik mengenai kondisi politik di Indonesia tidak bisa dijadikan skripsi HI bila hanya membahas politik di Indonesia. Topik semacam ini nantinya tergolong skripsi jurusan Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan.

Dapat dikatakan skripsi HI apabila menganalisis kondisi politik di Indonesia dan dampaknya terhadap hubungan kerjasama Indonesia dengan negara lain misalnya Australia. Jadi ada unsur  hubungan internasional dalam skripsi tersebut.

Topik-topik skripsi HI meliputi perdagangan luar negeri, kerjasama internasional, bantuan asing/bantuan luar negeri, lingkungan hidup, diplomasi, utang luar negeri, negosiasi, gerakan sosial, transnasionalisme, konflik, hingga isu kawasan. 

  1. Tentukan subjek yang akan diteliti

Dalam HI dikenal yang namanya level of analysis. Jadi seorang peneliti HI harus menentukan level of analysis sebelum melakukan penelitian. Level ini mempengaruhi subyek yang diteliti nantinya.

Level of analysis terdiri dari level individu, level sistem, dan level negara. Apakah kamu meneliti individu, sistem, atau negara? Penentuan level analisis ini sangat penting karena berpengaruh terhadap perspektif yang dipakai untuk penelitian. Selain itu berpengaruh pula terhadap teori yang digunakan. Mustahil kamu menggunakan teori level negara untuk menganalisis kasus di level sistem. Hal ini berakibat fatal yakni penelitian tidak akurat.

Lebih rinci, subyek-subyek penelitian dalam HI adalah individu, kelompok, negara-bangsa, kelompok negara atau kawasan regional, sistem internasional, peristiwa, kebijakan, atau Undang-Undang. Subyek-subyek ini dapat dikategorikan ke dalam level of analysis tadi.


  1. Tentukan jenis penelitian skripsi

Usia menentukan subyek yang diteliti, selanjutnya adalah menentukan jenis penelitian. Jenis penelitian akan berpengaruh terhadap pemilihan kata-kata dalam judul skripsi. Secara umum ada dua jenis penelitian yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. 

Jenis penelitian lain yang lebih spesifik diantaranya penelitian deskriptif, penelitian korelasional, penelitian studi kasus, penelitian historis, penelitian etnografi, dan sebagainya. Apabila memilih penelitian korelasional maka judul skripsi harus memuat kata-kata yang menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat. Contohnya judul skripsi Dampak Embargo Ekonomi jepang Terhadap Stabilitas Ekonomi Korea Selatan. 


  1. Buat judul skripsi

Setelah tiga tahap di atas dilakukan, kamu bisa mebat judul skripsi Hubungan Internasional. Tak perlu bingung karena selama mengetahui dengan jelas apa yang akan diteliti maka menulis judul skripsi itu gampang. 

Di bawah ini adalah contoh-contoh judul skripsi Hubungan Internasional. Rangkuman daftar ini bisa kamu jadikan inspirasi. Ingat ya, sebatas inspirasi. Jangan sampai menjiplak. Harapannya kamu mendapatkan gambaran seperti apa judul skripsi anak-anak HI dan topik apa saja yang biasanya diangkat.


Contoh Judul Skripsi Hubungan Internasional

Melansir situs jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berikut ini adalah contoh judul skripsi Hubungan Internasional:

  1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Angela Merkel dalam Pemulihan Ekonomi Jerman – Mastur Hadi

  2. Upaya Pemerintah Indonesia Terhadap PT Freeport Terkait Masalah Limbang Buang (Tailing) Melalui Konferensi Kelautan Dunia (WOC) – Fuad Abdulloh Muzaki

  3. Transisi Demokrasi di Republik Demokratik Kongo Pasca Keruntuhan Rezim Mobutu (1998-2006) - Angleng Suryatmojo Panjirani

  4. Strategi PT Indokom Samudra Persada Memasuki Pasar Udang Prancis dalam Tahun 2008 – 2009 – Roery Traisyaputra

  5. Prospek Hubungan AS – Kuba Pada Masa pemerintahan Barack Obama – Dedi Hariyanto

  6. Masalah Imigran gelap dalam Hubungan Amerika Serikat dan Meksiko - Mega Wahyu Purnomo

  7. Transnasionalisme Kelapa Sawit (Studi Pengaruh RSPO Terhadap Kebijakan Pemerintah Indonesia di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit) – Kesya Gandestia Adity


Contoh lainnya berasal dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Dikutip dari situs Perpustakaan Unpar, berikut ini daftar judul skripsi Hubungan Internasional:

  1. Aksesi Vietnam ke WTO dan FDI: Reformasi Kebijakan dan Kinerja FDI – Thalita Ayu Safitri

  2. Aktor Sosial dalam Kebijakan Luar Negeri Korea Selatan Terhadap Jepang Terkait Comfort Women Agreement – Tasha Regina Adriana

  3. Alasan yang Mendasari Perbedaan Pendekataan Tiongkok ke AS dan Negara-negara Asia Tenggara dalam Permasalahan di Laut Tiongkok Selatan tahun 2012-2018  –  Varian Vivaldi 

  4. Analisis Pencapaian Objektif Politik AS dalam perang di Afganistan pada Tahun 2001-2000 – Indri Pertami Mullia

  5. Dampak Bergabungnya Garuda Indonesia ke dalam Skyteam Terhadap Angka Wisatawan Mancanegara ke Indonesia – Michael Hans Rudianto

  6. Dampak Diplomasi Publik Belgia Melalui Renovasi Royal Museum of Central Africa (RMCA) Terhadap Perubahan Perspektif Komunitas Afrika di Belgia –Akhmad Zahran Nurrafi

  7. Digital Diplomacy: A Twitter Breakthrough Between Iran-US Relations in the JCPOA Agreement – Nurul Amirah Binti Mohd Yunos


Satu lagi contoh judul skripsi Hubungan Internasional. Kali ini diambil dari situs jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada. Apa saja judul skripsinya?

  1. Dinamika Negosiasi Antara Inggris dan Uni Eropa dalam Proses Negosiasi Brexit Withdrawal Agreement (2017-2019) – Angelina Sandi Devina Putri

  2. Pekerja Rumah Tangga Migran dalam Politik Pembangunan Indonesia: Perspektif Materialisme Historis – Maria Desima Hutasoit

  3. Studi Keamanan Lingkungan: Sekuritisasi Lingkungan oleh Komisi Eropa dan Gerakan Fridays Future dalam Pembentukan European Green Deal – Farid Angkasa Mukti

  4. Perlawanan Korporasi Transnasional Terhadap Rezim Pengendalian Tembakau Global: Studi Kasus International Coalitions Against Palian Packaging (ICAPP) – Iid Anggia Rahma

  5. Analisis Penindasan Pekerja Perempuan di Industri Ready-Made Garment (RMG) Bangladesh – Muhammad Gamma Haezy

  6. Transformasi Gerakan Ultra Kanan di Amerika Serikat dan Administrasi Donald Trump – Andeta Karamina

  7. Politik Populisme Australia: Studi Kasus Kebangkitan Pauline Hanson's One Nation Party dalam Pemilu Federal 2016 – Raden Dimas Dwiyoga Adriyadi

Reading Time:

Selasa, 23 Maret 2021

5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris
Maret 23, 20210 Comments

Kunci sukses jualan yang paling jitu adalan konsisten melakukan promosi. Membicarakan promosi, tidak selalu mengeluarkan uang untuk biaya promosi. Ada banyak pilihan promosi yang murah meriah. 

Selain promosi, kunci sukses jualan juga dibutuhkan ketekunan dan banyak aspek lainnya.

5 Kunci Sukses Jualan, Bikin dagangan online kamu makin laris

Cara Sukses Jualan

Nah, buat kamu nih yang ingin usaha jualan kamu lancar, kamu perlu mencatat beberapa poin di bawah ini.

1. Branding Produk 

Branding produk kunci sukses jualan. Coba perhatikan produk-produk brand yang dijual di pasaran. Mayoritas dari produk yang laris di pasaran karena mereka mampu membranding produk dengan apik. Setidaknya di sinilah tugas kita untuk mengobservasi cara branding yang elegan dan efektif itu bagaimana. 

Jika diperhatikan pula, setiap produknya memiliki cara dan  metode branding berbeda-beda. Begitupun dengan kamu. Apapun produk yang hendak kamu jual, kamu juga wajib membrading produk serapi dan semenarik mungkin. 

Memang sulit bagi kamu yang sedang membuat produk baru. Karena branding benar-benar dilakukan sejak awal. Belum lagi memperhitungkan produk yang akan di jual akan diminati dipasaran.

2. Promosi 

selain branding produk, kunci sukses jualan yang kedua adalah gencar melakukan promosi. Promosi sebenarnya sebagai upaya untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Promosi juga sebagai ajang untuk memamerkan kelebihan produk yang akan kamu jual. 

Era teknologi saat ini, promosi tidak harus berbayar. Bahkan cukup dengan memanfaatkan media social, semuanya bisa dijalankan dengan lancar. Jadi tidak seperti 15 tahun yang lalu, dimana untuk mempromosikan produk harus membayar jasa dengan jumlah yang mahal.

Terlepas dari segala kemudahan yang ditawarkan kecangihan teknologi, banyak pemula yang melakukan kesalahan yang tidak disadari. Seringkali saat menjalankan promosi, banyak bagi pemula yang bersemangat melakukan promosi di media social. Alih-alih promosi di media social menarik perhatian, justru membuat viewer menjadi risi dan tidak nyaman atas promosi yang kamu bagikan. 

Maka dari itu, perlu diperhatikan saat menjalankan promosi. Hindari promosi yang terlalu sering di media social. Mentang-mentang gratis, langsung intens promosi. Alih-alih intens promosi, justru akan dianggap sebagai spam bagi viewer di media social kita. Jadi, memang dibutuhkan keterampilan untuk melihat audience pengikut media social.

3. Tekun dan Ulet 

Dari dua kunci sukses jualan di atas tidak menjamin kamu bisa berhasil jika dilakukan secara bar-bar. Tetap dibutuhkan strategi dan trik. Tentu saja, strategi dan trik ini tidak boleh sembarangan dibagikan. Bahkan, perusahaan besar sekalipun tidak akan pernah membocorkan strategi yang mereka gunakan dalam menjangkau penjualan terbaik. 

Namannya juga berjualan, yang namannya mengalami kegagalan itu hal yang wajar. Penurunan jatuh dan tidak laku pun juga hal wajar. Tetapi kadang dagangan laris manis tanjung kimpul, itu juga hal wajar. Prinsipnya adalah tetap tekun dan ulet melakukan promosi. 

Tekun menjalankan promosi itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Bentuk promosi pun tidak selalu berbentuk iklan seperti halnya di televise atau siaran di radia. Tetapi ada banyak bentuk cara. Misalnya dengan memberikan edukasi tentang produk yang Anda jual dengan menarik. 

Ada pengalaman saya, hobi saya berkebun dan saya selalu membagikan ilmu dunia berkebun di channel youtube saja. Di channel saya hanya focus pada share ilmu semata, tidak ada tujuan untuk jualan. Tetapi dari sekian banyak konten yang saya share, ternyata banyak viewer yang menanyakan apakah saya menjual tanaman yang saya buat konten. 

Dari kasus saya tersebut, promosi tidak selalu menyuruh kita untuk membeli produk kita. Tetapi cukup kita berikan ilmu tentang produk kita. Ketika mereka tertarik dan berminat, mereka dengan sendirinya akan datang dan menanyakan. Dari pengalaman saya ini pun sebenarnya kita bisa mengubah trik marketing kita dengan cara yang lebih edukatif dan tidak memaksakan mereka. Biarlah mereka yang inisiatif membeli. 

4. Menjaga Kualitas Produk 

Di poin ini, kunci sukses jualan yang mungkin sering kamu dengar. Yap, betul sekali, penting sekali menjaga kualitas produk. Jika menemui produk yang sudah cacat, atau rusak, pastikan untuk tidak menjualnya. Bahkan cacat kecil sekalipun. Karena pelanggan itu sangat teliti terhadap produk yang dibelinya. 

Kecuali, kamu sudah menyampaikan produknya tinggal satu, dan itu agak lecet atau apalah. Namun si pelanggan tetap bersedia membelinya. Maka itu beda kasus. Prinsipnya adalah, menjaga rasa kepercayaan kepada pelanggan kita. Karena penting sekali menjaga kepercayaan bagi pelanggan.

Jika kamu memperhatikan, ada juga loh pelanggan yang rela membeli barang lebih mahal, karena memang kualita produknya terpercaya. Padahal, di tempat lain ada yang harganya lebih murah, tetapi ada tipe pelanggan yang percaya atas kualitas produk yang ditawarkan penjual. Dari contoh ini pun sebenarnya kita bisa bisa belajar bahwa kuncinya adalah membangun kepercayaan dan kenyamanan. 

5. Terapkan Pelayanan Prima 

Membicarakan kenyamanan, lebih akrab dengan ilmu pelayanan prima. Ilmu pelayanan prima inilah yang juga menjadi kunci sukses jualan. Jadi, kamu dituntut untuk bersikap ramah dan bersikap menyenangkan kepada pelanggan atau calon pelanggan. 

Pelanggan adalah raja yang harus dilayani dan diberlakukan baik. Banyak yang menganggap pelayanan prima itu tidak penting. Tetapi banyak pula pengusaha yang sukses dengan teori pelayanan prima. Tidak perlu jauh-jauh menerawang kisah sukses berjualan orang lain. Kita bisa berkaca pada diri sendiri ketika menjadi seorang pelanggan. 

Saat kita menjadi seorang pelanggan, apa yang kamu sukai saat membeli barang? Barangkali kamu merasa senang ketika kamu kamu bertanya, akan dilayani dengan baik, dan diberi edukasi. Kamu juga akan merasa senang dan nyaman ketika kita tidak dipaksa untuk membeli produk mereka. Sebaliknya, kamu akan merasa tidak nyaman ketika secara langsung atau tidak langsung kamu dipaksa untuk membeli. 

Setidaknya dari apa yang kita rasakan saat menjadi pelanggan inilah yang dapat dijadikan sebagai ukuran untuk memperlakukan calon pelanggan kita. Kunci dari pelayanan prima sebenarnya cukup memanusiakan pembeli. Sebagaimana halnya manusia yang baik, tentu saja memiliki sikap dan adab yang baik. 

Siapa sih yang suka diperlakukan tidak baik dan kasar? Tidak perlu kasar secara lisan. Lewat bahasa tubuh saja, kita tidak nyaman. Contoh sederhana, ketika kita membeli barang, dan penjualnya judes dan ketus (yah mungkin bisa karena itu karakternya), kita pasti akan merasa tidak nyaman dan tidak senang bukan?

Kesimpulan

Itu hanya baru lima kunci sukses jualan saja. Ada banyak poin penting lain yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Kamu pun bisa spoiler tips artikel tentang sukses jualan yang selanjutnya akn lebih banyak kami bahas di Blog www.thob.org ini. Kemudian kamu bisa mengkomparasikan untuk dipelajari dan diselami lebih dalam. Semoga dengan pembahasan ini memberikan manfaat. 

Pesan terakhir, jalankan usaha jualan kamu dengan konsisten, ulet dan tlaten. Jangan mudah menyerah hanya satu kerikil. Jangan berhenti karena tidak ada yang beli. Karena hanya butuh waktu agar produk jualan kamu bisa dikenali dan banyak pembeli.

Reading Time: