13, April 2017

Vaksinasi: Salah Satu Penemuan Dalam Bidang Kesehatan Yang Sangat Penting

Pasti semua dari kita pernah mengalami vaksinasi atau imunisasi, ini adalah salah satu penemuan dalam bidang kesehatan yang sangat penting. Saat bayi baru lahir, tentunya mereka tidak memiliki daya tahan yang kuat, palagi mereka adalah makhluk yang baru keluar dari rahim dan baru melihat dunia. Alasan sederhana tersebut yang menjadikan tubuh si bayi menjadi rentan terhadap penyakit. Dalam dunia medis, mereka yang baru lahir harus menerima vaksinasi atau imunisasi sebagai modal untuk bertahan hidup.

Pada dasarnya, penemuan dalam bidang kesehatan berupa vaksinasi atau imunisasi ini adalah sebuah cara memberi kekebalan pada tubuh si bayi dengan cara memasukan beberpa jenis bakteri atau virus yang sudah dilemahkan kedalam tubuh. Ini bertujuan untuk memberi waktu pada tubuh si bayi untuk membuat antibodi yang sesuai dengan bakteri yang diimunisasikan. Ini juga memberi bayi waktu yang cukup untuk belajar mengenal bakteri tersebut sehingga jika si bayi terserang penyakit yang sama dengan bakteri yang pernah diimunkan, maka tubuh akan dengan mudah memberikan antibodi untuk menghancurkan bakteri tersebut. Bukan hanya bakteri, tapi juga virus yang sudah diimunkan. Namun ini tidak berarti tubuh akan kebal selamanya terhadap bakteri tersebut. Sebagai contoh saja, bayi pasti mendapat imunisasi virus campak. Dengan begitu jika ia dewasa ia bisa mengatasinya dengan mudah. Tapi reaksi perlawanan tersebut masih menimbulakn bintik-bintik sebagai tanda penyakit campak. Ini adalah masa dimasa tubuh mengadopsi atau mereaksikan antibodi yang sudah dibuat dengan virus campak. Untuk itulah kita sering mendapati bahwa penyakit campak akan menyerang manusia sekali seumur hidup. Jikapun ada yang terserang dua kali itu menandakan bahwa daya tahan tubuh si bayi memang lemah dan harus membutuhkan ekstra pertahan tubuh.

Itulah salah satu manfaat dari penemuan dalam bidang kesehatan di dunia. Penemuan hebat ini menjadi benteng utama manusia mempertahan tubuh mereka dari serangan benda asing seperti bakteri dan virus. Bahkan dengan adanya penemuan ini diharapkan nantinya membuat manusia bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.